Hallo brad saya sebagai pelajar saya nyoba-nyoba membuat pembahasa pemrograman beroroentasi objeck (PBO). Sedikit saya akan membahas tentang apasih OOP itu dan apa sih macam macamnya, yaitu:
1. pemograman prosedural
2. pemograman berorientasi objek(oop)
3. perbedaan pemograman prosedural dan oop
4. pengertian object oriented
√class
√ attribute
√ instance variable
√ class variable
√behavior
√method
√ encapsulation
√ inheritance
√ polymorphism
√beserta contoh-contohnya.
yo simak pembahasan pertama mengenai apa itu prosedural
1. Pengertian Prosedural
Pemrograman Prosedural adalah dilakukan dengan memberikan serangkaian perintah yang berurutan. Paradigma ini didasari oleh konsep mesin Von Newman (stored program concept) sekelompok tempat penyimpanan (memori), yang dibedakan menjadi memori instruksi dan memori data, masing-masing memori tersebut dapat diberi nama dan nilai, selanjutnya instruksi akan dieksekusi satu persatu secara sekuensial oleh sebuah proses tunggal.Program dalam paradigma ini berdasarkan pada struktur informasi di dalam memori dan manipulasi dari informasi yang disimpan tersebut. Kata kunci yang sering digunakan dalam paradigma ini adalah:
Algoritme + Struktur Data = Program
Contoh bahasa pemrogaman yang menggunakan paradigma prosedural atau imperatif adalah: Bahasa-bahasa tingkat tinggi seperti Cobol, Basic, Pascal, Fortran, dan C/C++ mendukung kegiatan pemrograman prosedural, karena itu mereka dinamakan juga bahasa prosedural.Pada pemrograman procedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi terdiri atas runtutan (sequence) instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh pemroses. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan kondisional. Data yang disimpan di dalam memori dimanipulasi oleh instruksi secara beruntun atau procedural.
2. Pengertian Pemograman Berorientasi Object (OOP) Pemrograman berorientasi objek adalah sebuah metode yang digunakan untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah melalui perspektif object. Dalam pemrograman berorientasi objek, setiap objek akan memiliki datmethod (perilaku atau kemampuan melakukan sesuatu, berupa fungsi). Objek dapat didefinisikan sebagai suatu entitas yang memiliki data dan method.Sebagai contoh, manusia adalah suatu objek yang memikiki data – data (misalnya: nama, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan yang lainnya) dan juga method (misalnya: cara bicara, cara berjalan, cara marah, dan sebagainya). Sehingga dapat diambil suatu pokok dasar bahwa titik berat pemrograman berorientasi object adalah pembagian tanggung jawab kepada masing masing object dan bukan pembagian berdasarkan proses kerja.
Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.Berikut adalah Bahasa Pemograman yang mendukung OOP antara lain :
![]() |
- Visual Foxpro
- Java
- C++
- Pascal (bahasa pemrograman)
- Visual Basic.NET
- SIMULA
- Smalltalk
- Ruby
- Python
- PHP
- C#
- Delphi
- Eiffel
- Perl
- Adobe Flash AS 3.0
Penjelasan secara singkat dari Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur.
Berikut ini adalah Perbedaan antara program Prosedural dengan OOP :
No.
|
Prosedural
|
No.
|
OOP
|
1
| Fokus utama pada fungsi dan prosedur yang beroperasi pada data | 1 | Menekankan pada data yang sedang beroperasi dan tidak fungsi atauprosedur |
2
| Program besar terbagi dalam program unit kecil yang disebut fungsi | 2 | Program dibagi ke dalam apa yang disebut objek |
3
| Data dan fungsi diperlakukan sebagai entitas terpisah | 3 | Data dan fungsi diperlakukan sebagai entitas terpisah |
4
| Data bebas bergerak di sekitar sistem dari satu fungsi lain | 4 | Data tersemmbunyi dan tidak dapat diakses oleh fungsi eksternal |
5
| Data bersifat pasif | 5 | Objek-objek dalam Oop bersifat aktif |
6
| Program desain dengan pendekatan “Top Down” yaitu tugas-tugas kompleks dipecah menjadi bagian yang lebih kecil, sampai sub-tugas tersebut mudah diimplementasikan | 6 | Program desain pendekatan “Buttom Up” yaitu memuat prosedur-prosedur untuk menyelesaian tugas-tugas yang sederhana, kemudian menggabungkan prosedur-prosedur tersebut dalam prosedur yang lebih kompleks, sampai fungsionalitas yang ingin tercapai |
Perbedaan dari Cara Pandang :
- OOP : program adalah serangkaian objek yang bekerja sama untuk menyelesaikan suatu problem.
- Prosedural : program adalah suatu urutan instruksi.
- Prosedural fokus pada bagaimana cara komputer menangani masalah.
- OOP fokus pada masalah yang ditangani dengan menggunakan komputer.
- Prosedural biasa digunakan untuk membuat program yang sederhana sementara OOP untuk yang lebih kompleks karena cara berfikirnya bisa seperti manusia(natural).
👍👍sip
BalasHapus